Peringati HPSN, Bupati Gorontalo Turun Bersama Masyarakat Bersihkan Sampah di Danau Limboto

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, LIMBOTO – Meringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo terlihat turun langsung bersama masyarakat dalam program aksi bersih negeri bertempat di Pentadio Resort, Jumat, 08/03/24.

Foto: Bupati Nelson Dalam Aksi Bersih-Bersih, Memperingati HPSN

Kabupaten Gorontalo tahun 2024 menjadi tuan rumah peringatan HPSN, karenanya kegiatan itu terfokus pada penanganan sampah plastik dan melakukan upaya-upaya mengurangi risiko banjir di masa akan datang.

Dalam aksi bersih ini, Bupati Nelson bersama Staf Khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Irjen Pol. Drs. Jhonny Siahaan, S.H., M.H. terlihat berkolaborasi langsung dengan masyarakat membersihkan sampah di sekitar Danau Limboto.

Kabupaten Gorontalo tuan rumah aksi bersih negeri dalam rangka peduli sampah nasional.

“Kita berharap bukan saja harinya kita peringati tapi bagaimana dilanjutkan untuk pengelolaan sampah yang baik,” imbuhnya.

Bicara soal pengelolaan sampah, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah memiliki program Bank Sampah. Program ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah, sehingga masyarakat dapat mengelola sampah organik menjadi pupuk guna mendukung pertanian lokal yang merupakan salah satu sektor utama di Gorontalo.

Ia juga menekankan, partisipasi aktif masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan memiliki posisi yang sangat penting dalam mendukung target pemerintah terhadap pengurangan sampah sebesar 30 persen. Pemerintah juga menargetkan peningkatan pengelolaan sampah, khususnya sampah plastik, hingga 70 persen.

Dengan kesadaran dan partisipasi bersama, Bupati berharap dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat untuk generasi mendatang, serta mengurangi potensi bencana seperti banjir yang sering kali terjadi akibat penumpukan sampah di sekitar Danau Limboto.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementrian Lingkungan hidup dan Kehutanan memilih Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah dalam aksi bersih negeri,” pungkas Nelson. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *