Hadiri Pelantikan Panwas Se-Kabupaten Gorontalo, Bupati Nelson: Pentingnya Memahami Tugas dan Fungsi Serta Aturan Yang Berlaku Bagi Para Panwas

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, Limboto – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menghadiri pelantikan Panwas Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo yang bertempat di Ballroom Hotel Damhil. Dan sebanyak 57 orang Panwas Kecamatan dilantik, termasuk 17 diantaranya anggota yang baru.

Bupati Nelson, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo. Dia menegaskan bahwa meskipun tugas yang diemban oleh mereka cukup berat, para anggota yang mayoritas adalah anak-anak muda menunjukkan tanggung jawab yang tinggi.

“Saya bangga dengan Bawaslu dan KPU atas kerja keras mereka sebagai pelaksana. Pada pemilihan legislatif dan presiden sebelumnya, Kabupaten Gorontalo berhasil melaksanakan pemilu dengan sukses. Ini adalah prestasi yang patut dibanggakan,” ujar Bupati.

Ia juga mengingatkan para penyelenggara pemilu, termasuk Panwas yang baru dilantik, bahwa pemilu adalah tugas negara yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Menurut Nelson, pemilu adalah proses penting dalam melahirkan pemimpin yang akan menentukan masa depan Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo selama lima tahun ke depan.

Pemilu adalah tugas negara dan tugas kita semua. Pemilu terkait dengan melahirkan pemimpin, baik gubernur maupun bupati. Oleh karena itu, tugas Panwas sebagai penyelenggara pemilu sangat penting.

“Masa depan Gorontalo ada di tangan Anda,” tegas Nelson.

Bupati Nelson juga menekankan pentingnya memahami tugas dan fungsi serta aturan yang berlaku bagi para Panwas. Dia menegaskan bahwa pengawasan pemilu harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada untuk menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilu.

Memahami aturan adalah hal yang sangat penting bagi Panwas. Pengawasan harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada.

“Integritas dan profesionalisme adalah kunci dalam menjalankan tugas ini,” tandasnya. (DM)

Selain itu, Bupati Nelson mengingatkan pentingnya meningkatkan partisipasi rakyat dalam pemilu. Dia berharap sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus ditingkatkan agar partisipasi rakyat dalam pemilu bisa meningkat, yang pada akhirnya akan melahirkan pemimpin yang diinginkan oleh rakyat.

“Partisipasi rakyat harus terus ditingkatkan. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sangat penting agar mereka memahami pentingnya pemilu dan hak mereka dalam menentukan masa depan daerah ini,” katanya.

Di akhir sambutannya, Bupati Nelson berharap agar semua Panwas yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga integritas dalam setiap langkahnya. Dia juga mengingatkan bahwa pelanggaran terhadap aturan pemilu dapat berakibat pada sanksi moral, administratif, bahkan tindak pidana.

“Jalankan tugas dengan baik, jaga integritas, dan pahami aturan. Pelanggaran terhadap aturan pemilu dapat berakibat sanksi moral, administratif, bahkan tindak pidana. Saya yakin dan percaya Anda semua bisa melaksanakan tugas ini dengan baik,” tutupnya.

Pelantikan Panwas se-Kabupaten Gorontalo ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Gorontalo, serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa daerah ini ke arah yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *