Ketua KPU Gorut Menghadiri Ikrar Netralitas ASN dan Penandatangan Pakta Integritas Pilkada 2024

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, GORUT – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Gorontalo Utara (Gorut) Sofyan Jakfar, menghadiri ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus penandatanganan Pakta Integritas di Lingkungan Pemerintah Kab. Gorontalo Utara.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati di Blok Plan Molingkapoto Kwandang tersebut, dilakukan usai Apel KORPRI di lingkungan Pemkab Gorut yang dipimpin Pj. Bupati Sila Nurainsyah Botutihe, Rabu (19/6).

Kepada awak media ini, Sofyan Jakfar menjelaskan, ikrar netralitas ASN dan penandatanganan Pakta Integritas tersebut, dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota se Provinsi Gorontalo.

Menurutnya, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, ASN harus bersikap netral dalam proses Pilkada, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mereka yang secara nyata dan terbukti terlibat dalam politik praktis akan dikenakkan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk itu ungkap Sofyan Jakfar, penandatangan Pakta Integritas dengan Pemerintah Kab. Gorontalo Utara kali ini, sangat penting untuk menjamin proses Pilkada di daerah ini agar berlangsung demokratis.

Ia mengharapkan, dengan penandatanganan Pakta Integritas ini, segenap ASN di lingkungan Pemkab Gorontalo Utara dapat menjaga integritasnya sebagai aparatur yang berdiri di semua kelompok masyarakat tanpa membedakan warna dan pilihan politik.

Meski memiliki hak pilih dalam proses Pilkada, namun ASN, PPPK, termasuk tenaga honorer dan tenaga Kontrak dilarang terlibat dalam politik praktis dalam Pilkada 2024.

Ia meyakini dengan ikrar dan penandatanganan Pakta Integritas ini, ASN di lingkungan Pemkab Gorut dapat bersikap netral dalam proses Pilkada kali ini. (MM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *