JSM : Jadikan Sulut Maju, Sejahterakan Rakyat dengan Lumbung Pangan

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, MANADO – Tokoh Sulawesi Utara (Sulut), Dr. Jan Samuel Maringka, SH, MH, memprogramkan setiap desa di daerah ini menjadi lumbung pangan, sebagai bentuk sinergi dengan Program Makan Gratis yang digagas Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Sebagai wilayah yang subur dan memiliki kekayaan alam komplit, Sulut tidak hanya akan menjadi penopang program pemerintah pusat di bawah kendali Presiden Prabowo Subianto, namun juga akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Hal tersebut dikatakan Jan S. Maringka, yang di Sulut populer dengan panggilan JSM dan kemudian menjadi tagline “Jadikan Sulut Maju”, itu ketika meresmikan Rumah Sahabat JSM, Rabu (1/5/2024) siang, yang menempati sebuah ruko di salah satu kawasan pusat perdagangan di Manado ini.

Acara peresmian ini didoakan empat tokoh agama, yakni Kristen, Islam, Katolik dan Advent serta dihadiri banyak tokoh dari berbagai kalangan, seperti Sekretaris Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) Sulut, Maria Polii, pimpinan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), petani, komunitas, Ormas dan LSM, tokoh pemuda, kalangan dunia usaha dan pemuka agama, termasuk Edwin Rumimpunu, Tim Penjaringan Daerah Partai Gerindra Sulut.

Dalam sambutannya, Jan Maringka, jaksa senior yang pernah dipercayakan menjabat Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM Intel) dan terakhir mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo pada jabatan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian, ini mengatakan dengan menjadikan Sulut sebagai daerah lumbung pangan di Indonesia, multiplier effect-nya adalah terbentuknya sinergitas antara sektor pertanian-perkebunan-perikanan-peternakan dengan dunia usaha, baik skala besar maupun Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

“Yang menikmatinya hasilnya adalah rakyat. Misalnya, program makan gratis Pak Prabowo, dapat dipasok dari produk petani, nelayan maupun peternak dari Sulut melalui UMKM di sini. Sebagai pemimpin daerah, jika saya mendapat amanah untuk memimpin, kita mengarahkan memfasilitasi agar programnya terarah dan tepat sasaran,” papar Jan Maringka yang dalam sesi tanya-jawab dengan pers juga mengungkapkan jika dirinya sudah mendapat support dari Menteri Pertanian (Mentan) berupa alokasi pupuk sebanyak 50 ton untuk disalurkan kepada petani di Sulut.

Acara ini berlangsung semarak hingga menjelang sore. Pekikan “JSM, Jadikan Sulut Maju” terus menggema mengiringi penampilan grup line dance dari Minahasa, Tomohon dan Minut.(dki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *