Kolaborasi Tim Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) Dengan Tim Universitas Negeri Manado (Unima)

Bagikan:

Tim Pelaksana Kosabangsa Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) bersama Tim Pendamping Universitas Negeri Manado (Unima) melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat mengelola Kelapa dan Turunannya Melalui Teknologi Sederhana Tepat Guna dengan menghasilkan produk Minyak VCO berbasis Centrifugal

Oleh :

Tim Pelaksana Kosabangsa Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan)

Dengan Tim Pendamping Dari Universitas Negeri Manado (Unima)

BOHUSAMI.ID, Gorontalo – UNISAN GORONTALO terdiri dari Arifin T, Andi Nur Fitriani dan Ikha Okhtaria sementara dari Universitas Negeri Manado terdiri dari Revolson Alexius Mege, Alfrina Mewengkang, Emma Mauren Moko. Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah 5 Mahasiswa sebagai bentuk implementasi MBKM di Kampus Universitas Ichsan Gorontalo.

Kosabangsa merupakan kolaborasi membangun masyarakat atau membangun bangsa. Perekonomian disetiap wilayah perlu digerakkan melalui pemberdayaan masyarakat berdasarkan potensi sumber daya alam yang dimiliki. Kabupaten Gorontalo Utara merupakan salah satu penghasil kelapa di Provinsi Gorontalo yang lebih dikenal sebagai daerah nyiur melambai. Dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki maka perlu dikelola. Salah satunya adalah pengolahan kelapa dan turunannya dengan menghasilkan minyak VCO berbasis Centrifugal. Untuk menghasikan produk ini dengan menerapkan alat-alat sederhana tanpa melalui sistem fermentasi sehingga produk yang dihasilkan benar-benar murni 100%. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa, 28 November 2023 di rumah produksi IKM Usaha Berkah (Ikhtiar) di Desa Poso Kecamatan Kwandang yang diketuai oleh Bapak Maman Karim sekaligus beliau sebagai sekretaris Asosiasi UMKM Kabupaten Gorontalo.

Pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon positif dari para anggota kelompok usaha dan masyarakat disekitarnya, karena dengan adanya kegiatan ini akan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat disekitarnya sehingga selain produksi kopra, minyak kelapa kampung juga sudah bisa memproduksi minyak VCO berbasis Centrifugal dengan menerapkan alat-alat sederhana. Penyerahan bantuan peralatan sebelumnya diserahkan langsung oleh ketua tim Dr. Arifin T bersama anggota tim (Dr. Andi Nur Fitriani T dan Ikha Okhtaria, M.Sc) kepada ketua kelompok usaha IKM Berkah Bapak (Maman Karim, S.Kom) berupa (Mesin Centrifugal, Mesin Pendingin VCO, Mesin Pemeras Santan dan beberapa perlengkapan lainnya). Penanggung jawab IIKM Usaha Berkah sangat bersyukur karena pengolahan sebelumnya melalui sistem fermentasi membutuhkan waktu yang kurang efesien dan efektif dalam menghasilkan produk minyak VCO.

Dampak Kegiatan ini dan Manfaat Produk

Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi masyarakat, karena dengan adanya kegiatan ini akan dapat mendorong produktivitas masyarakat dalam mengelola kelapa dan turunannya, sehingga masyarakat bisa lebih berinovasi dalam membangun bangsa khususnya diwilayah Desa masing-masing. Produk minyak VCO ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan baik untuk kulit maupun untuk kesegaran dan kebugaran raga.

Pihak pelaksana sangat berharap dengan kegiatan ini agar dapat berkesinambungan. Namun ini semua perlu mendapat dukungan dari semua pihak terutama Pemerintah Daerah setempat dalam mengembangkan potensi daerahnya masing-masing berdasarkan kearifan lokal, untuk kedepannya kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pelatihan manajemen usaha dan penatausahaan keuangan hal ini dimaksudkan agar pelaku-pelaku usaha lebih teliti dalam perhitungan harga pokok dan penentuan tingkat BEP sehingga dalam menentukan harga jual tidak terlalu tinggi.

Ucapan Terima Kasih

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program KOSABANGSA yang di danai oleh DRTPM Kemendikbudristek. Oleh karena itu pihak tim pelaksana bersama tim pendamping mengucapkan terima kasih kepada pihak DRTPM Kemendikbudristek, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Pemerintah Desa Poso Kecamatan Kwandang, UNIMA, IKM ikhtiar (Usaha Berkah) beserta pengurus dan anggotanya dan Universitas Ichsan Gorontalo, serta semua pihak yang telah berperan dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat pengolah kelapa dan pengembangan teknologi tepat guna. (Arifin T, 30 Nov 2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *