KPU Kabupaten Gorontalo Menetapkan Jumlah TPS di Pilkada Hanya 700 TPS

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, LIMBOTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten gorontalo menetapkan jumlah tempat pemungutan suara pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 sebanyak 700 tps, jumlah ini berkurang dari jumlah tps di pemilu kemarin yang jumlahnya sebanyak seribu 205 tps.

Ketua kpu kabupaten gorontalo Roy Hamrain menjelaskan, pengurangan tps ini, dikarenakan adanya penambahan jumlah pemilih disetiap tps. jika dipemilu sebelumnya jumlah pemilih dibatasi hanya 300 per tps, dipikada tahun ini dibatasi sebanyak 600 pemilih pertps.

“Dipilkada 2024 ada pengurangan tps, karena dilihat dari pemilu 2024 kemarin, batas pemilih pertps berjumlah 300 orang, sedangkan dipilkada kabupaten gorontalo, itu dibatasi jumlah pemilih sebanyak 600 orang per tps,” Jelas Roy.

Sehingga setelah dilakukan pemetaan jumlah tps dikabupaten gorontalo sebanyak 700 tps, sebab ada beberapa tps yang dilakukan pengabungan, hal ini juga telah ditetapkan dalam rapat pleno.

“Kami telah melakukan pemetaan dan menggelar rapat pleno terkait jumlah tps, maka ditetapakan sebanyak 700 tps, yang tersebar di 19 kecamatan dan 205 desa yang ada dikabupaten gorontalo,” Tambah Roy.

Dengan pengurangan jumlah tps ini, maka petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih yang akan direkrut nanti, bisa sampai dua orang per tps.

“Dipemilu 2024, kita merekrut satu pantarlih satu tps, akan tetapi dipilkada kerena jumlah pemilihnya ada yang sampai 600 orang pertps, maka jumlah pantarlih menjadi 2 orang per tps,” Tutup Roy. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *