Rekomendasi BI Kendalikan Inflasi, Pemkab Gorontalo akan Tindaklanjuti Secara Komprehensif.

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo telah merumuskan langkah-langkah untuk menyahuti rekomendasi Bank Indonesia (BI) dalam rangka mengendalikan inflasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, mengatakan, pada rapat high level meeting (HLM) di Kantor BI Provinsi Gorontalo pada Selasa, BI telah memberikan rekomendasi terkait pengendalian inflasi daerah.

“Maka langkah ini kita lakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi di Kabupaten Gorontalo,” ungkap Roni Sampir, Rabu (22/5/2024).

Ia tampak menggelar rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) membahas hasil pertemuan HLM di ruang kerjanya.

Rapat HLM, merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. Dalam pertemuan itu, Bank Indonesia memberikan beberapa rekomendasi untuk penanganan inflasi di Kabupaten Gorontalo. Rekomendasi tersebut kemudian dibahas dan dirancang secara konkret dalam rapat TPID.

Sekda Roni Sampir mengatakan, rapat TPID menghasilkan beberapa langkah strategis yang akan segera dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Langkah-langkah tersebut antara lain, memperkuat koordinasi dan sinergi antar OPD terkait dalam upaya pengendalian inflasi.

“TPID akan melakukan pemantauan harga barang kebutuhan pokok secara berkala dan intensif. Akan dikembangkan dan akan dioptimalkan pasar rakyat sebagai pusat distribusi barang kebutuhan pokok,” sebut Roni.

Dia menambahkan, TPID juga akan melakukan operasi pasar murah untuk menstabilkan harga barang kebutuhan pokok, sekaligus menyediakan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak inflasi.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo sendiri tampaknya memiliki komitmen besar dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah. Olehnya setiap rekomendasi dan arahan yang diberikan oleh Bank Indonesia telah dirumuskan dan akan ditindaklanjuti secara komprehensif.

Dengan langkah-langkah strategis dan kerja sama yang solid dari semua pihak, panglima ASN di Kabupaten Gorontalo itu optimis inflasi di Kabupaten Gorontalo dapat dikendalikan dengan baik. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *