Buka Kegiatan TKDN, Sekda Roni: Kegiatan Seperti Ini Perlu Dilakukan Secara Berkelanjutan

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menyelenggarakan fasilitasi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri Industri Kecil (TKDN) Tahun 2024.

Sejumlah 130 Industri Kecil Menengah (IKM) ikut serta, dengan 75 di antaranya berasal dari industri Pangan dan 20 dari industri Sandang.

Kegiatan yang akan diselenggarakan selama dua hari tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, di Fox Hotel Gorontalo, Kamis, 25/04/2024.

Sekda Roni mengatakan, sertifikasi memiliki peran penting sebagai syarat bagi peserta untuk bersaing dalam penggunaan produk dalam negeri dan menyerap tenaga kerja di Kabupaten Gorontalo.

Dia prihatin melihat tingginya tingkat pengangguran yang belum sejalan dengan penurunan kemiskinan dan pendapatan.

Selain itu, Sekda Roni mengatakan, banyak tenaga kerja di Kabupaten Gorontalo memiliki tingkat pendidikan yang rendah, sehingga insentif pendapatan mereka masih di bawah rata-rata.

“Oleh karena itu, Pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan hasil produksi UMKM agar dapat dimanfaatkan oleh konsumen dengan memuaskan,” jelas Roni.

Disisi lain, OPD pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) juga diminta belanja barang-barang produk dalam negeri dan UMKM. Program-program pemerintah daerah diharapkan dapat menyokong pelaku UMKM di Kabupaten Gorontalo.

Sekda Roni juga menekankan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan, dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dan perekonomian di Gorontalo.

“Sehingga membutuhkan kolaborasi serius antar lintas sektor,” tandasnya. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *