Susul Talaud, Jabatan Kades di Bolmong Bertambah, Ketua Apdesi Sulut Munaslub : Manfaatnya Kini Dirasakan

Bagikan:

BOHUSAMI.ID, MANADO – Perjuangan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sulut akhirnya membuahkan hasil. Setelah kepala desa (kades) di Kabupaten Talaud menikmati perpanjangan masa jabatan dua tahun sesuai aturan yang baru, kini hal yang sama dirasakan Sangadi di Bolaang Mongondow (Bolmong).

Sebanyak 193 Sangadi atau Kepala Desa di Kabupaten Bolmong akhirnya mendapatkan perpanjangan masa jabatan dua tahun. Pengukuhan para Sangadi di daerah Lumbung Beras tersebut dilakukan Rabu (4/7/2024) di kantor Bupati Bolmong oleh Penjabat Bupati Yusnan Mokoginta.

Para Sangadi tersebut sah mendapatkan tambahan jabatan dua tahun sebagai implementasi dari revisi undang-undang desa 2024.

Di Bolmong sendiri ada 200 desa, namun tujuh desa dipimpin pejabat dari ASN. Revisi UU Desa tersebut menegaskan bahwa periodisasi masa jabatan adalah dua kali selama delapan tahun. Namun atas masukan Apdesi, kades yang kini menjabat masa jabatannya bisa ditambah dua tahun, khususnya yang selesai sampai Februari 2024.

Di Sulut baru ada dua daerah yang kadesnya ketambahan dua tahun yakni Kabupaten Talaud dan kemudian yang terakhir Bolmong. Talaud tercatat baru Opo Laoh yang dikukuhkan dan yang lain segera menyusul.

” Daerah lain di Sulut diharapkan juga demikian. Walaupun turunannya yakni PP dan Permen belum turun namun jika undang-undang sudah mengesahkan maka bisa dilakukan,” ujar Ram Makagiansar, Ketua DPD Apdesi Sulut versi Munaslub.

Ram yang selama dua tahun ikut mengawal revisi undang-undang desa di Jakarta selain posisi sebagai Wasekjen DPP Apdesi 2021-2026 dimana kepengurusan itu saat ini telah demisioner, terlibat hingga empat kali demo di DPR RI.
Dan bahkan sempat jadi perwakilan Apdesi –bersama wadah organisasi desa lain–berdialog dengan pimpinan dewan dan Sekjen DPR RI.

Atas apa yang telah dilakukan selama ini Ram menyebut bahwa itu semua atas perkenanNya sehingga semua bisa dirasakan manfaatnya saat ini.
” Argumentasi yang di dalamnya ada ide, gagasan harus diikuti tindakan. Bukan sebatas narasi saja menjadi prinsip utama mengawal revisi undang-undang desa,” kata Ram yang sebenarnya telah purna dari jabatan Hukum Tua di Minahasa.

Meski DPP Apdesi versi pleno yang demisioner telah menetapkan kepengurusan baru di Sulut namun DPP Apdesi Munaslub tetap mempercayakan Ram bersama Jok Lomban sebagai Sekretaris menahkodai DPD Apdesi Sulut.
Ketua DPC Apdesi Bolmong Felix Rapar dan Ketua DPC Apdesi Talaud Deddy Tuang menyampaikan terima kasih atas perjuangan DPD Apdesi bersama DPP Apdesi 2021-2026. (dki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *